Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 050670 Pantai Gemi
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kekatifan siswa dalam proses pembelajaran, maka untuk memperbaiki diperlukan model pembelajaran yang aktif dan efesien guna membantu peserta didik untuk bisa meningkatkan keaktifannya dalam proses pembelajaran, maka salah satu model yang sesuai adalah model pembelajaran Time Token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar peserta didik dikelas IV SD Negeri 050670 Pantai Gemi yang menggunakan model pembelajaran Time Token. metode penelitian ini adalah metode ekperimen dengan jenis dengan jenis pre-experimental design. Data Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Time Token. Hasil perhitungan thitung sebesar -0,3824 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2,09. ttabel > thitung atau 2,09 > -0,3824.