Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 04 Cubadak Air

  • Vini Olivia Adriani Universitas Negeri Padang
  • Farida S
Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar siswa, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa, dan kurang memberikan permasalahan kepada siswa. Akibatnya siswa didalam kelas terlihat kurang mampu dalam menentukan masalah dan cara penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini didahului dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian siklus I pada aspek RPP rata-rata 76,78% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 80,35% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktifitas siswa rata-rata 78,58% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 67,99 (kurang), meningkat pada siklus II menjadi 80,4 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Published
2022-12-23