Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Jesika Ifnemaia Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi
Keywords: pendidikan matematika realistik indonesia, hasil belajar, Kata Kunci : pendidikan matematika realistik indonesia, hasil belajar, keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian quasy experiment type nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif yang dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t lalu diperkuat dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 80,52 dan rata-rata kelas kontrol 72,34. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,05432 > 2,00324. Data diperkuat dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh Fhitung = 136,439 dan   Ftabel = 7,11 sehingga dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 136,439 > 7,11. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV Sekolah Dasar.

 

Published
2022-12-24