Penggunaan Model Mind Mapping pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

  • Nadya Rivansyah Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang belum optimal, hal ini ditandai oleh peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, dalam mengajar guru belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Mind Mapping di kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah 18 orang peserta didik. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yakni rata-rata : a) penilaian RPP siklus I dengan presentase rata-rata 81,81% dengan kualifikasi baik, dan siklus II memperoleh persentase rata-rata 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, b) hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 84,65% dengan kualifikasi baik dan siklus II 94,4% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 84,65% dengan kualifikasi baik dan siklus II dengan rata-rata 97,2% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Published
2022-12-31