Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

  • Kurniawan Sandi Universitas Negeri Padang
  • Tin Indrawati
Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 84 Rimbo Bujang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN SDN 84 Rimbo Bujang, dengan jumlah 22 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 81,25 % dengan kualifikasi (B), kemudian meningkat pada siklus II 96,87 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,28% (B), meningkat pada siklus II 96,42 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 91,06 (B), meningkat pada siklus II 96,42 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek sikap siklus I dikatogorikan (Baik) dan siklus II dikategorikan (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I  memperoleh nilai rata-rata 77,58, pada siklus I pertemuan II memperoleh nilai rata-rata 81,07 pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,19 Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SDN 84 Rimbo Bujang.

Published
2022-12-31