Penggunaan Model Pembelajaran CLIS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 057213 Cempa

  • Juliati Universitas Samudra
  • Ronald Fransyaigu
  • Melva Afrida Nasution
Keywords: Children Learning In Science (CLIS),, Learning Outcomes

Abstract

Pada penelitian ini diterapkan untuk siswa kelas V SD Negeri 057213 Cempa agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Dilihat dari hasil perolehan siklus 1, hasil kognitif siswa pada siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 60,83%. Kemudian hasil belajar afektif  mendapatkan nilai rata-rata 83,3%. Hasil belajar psikomotor pada siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 77,0%. Kemudian hasil belajar kognitif siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 68,33%. Kemudian hasil belajar afektif siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 84,17%. Selanjutnya hasil belajar psikomotor siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata77,65%. Kemudian hasil kognitif siklus 3 mendapatkan nilai rata-rata 81,25%. Kemudian hasil afektf siklus 3 mendapatkan nilai rata-rata 90,83%. Yang terakhir hasil psikomotor siklus 3 mendapatkan nilai rata-rata 96,25%. Berdasarkan hasil belajar diatas maka dapat diketahui dengan adanya penggunaan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 057213 Cempa.

 

Published
2022-12-31