Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV.A SD Negeri 2 Kebun Lama Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Rapita Aprilia Universitas Samudra
  • Enelta Dian Filma
  • Tengku Muhammad Sahudra
Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh minimnya nya kemampuan kognitif siswa setelah mempelajari pengetahuan tematik kelas IVA SD Negeri 2 Kebun Lama pada proses pembelajaran berlangsung tahun 2021/2022, yaitu terdapat 7 siswa (28,57%) berhasil mencapai KKM, dan 20 anak didik  (71,42%) yang belum berhasil mencapai KKM dari KKM 66. Sasaran arah riset ini yakni untuk memajukan suatu hasil dari belajar kognitif anak didik yang ditempuh dengan model Guided Discovery Learning terhadap pengetahuan tematik. Riset yang difungsikan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Riset ini terdapat empat fase, yakni persiapan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan introspeksi atau refleksi (reflecting). Penelitian berlangsung dalam dua fase, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Instrument untuk menggabungkan data berbentuk lembar pengamatan untuk kegiatan anak didik dan kapasitas kinerja guru serta ujian suatu hasil belajar. System penjabaran data yang digunakan adalah teknik analisis data atau informasi kualitatif dan kuantitatif. Hasil riset ini memberikan informasi bahwa adanya terjadi peningkatan suatu kegiatan dan hasil pengetahuan anak didik. Perihal  ini tampak dari bagian ketuntasan dari suatu hasil kegiatan belajar pengetahuan anak didik tahap I 66,66% (dapat dikatakan baik), dan tahap II 92,59% (kategori baik sekali).

Published
2022-12-31