Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) di kelas V SDN 047/XI Koto Baru Kota Sungai Penuh

  • Kurnia Noviani Universitas Negeri Padang
  • Yunisrul
Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 047/XI Koto Baru Kota Sungai Penuh yang pembelajarannya masih berpusat pada guru dan peserta didik yang kurang aktif. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas V SDN 047/XI Koto Baru Kota Sungai Penuh.        

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 19 orang peserta didik kelas V.

Hasil penelitian pada RPP di siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 90,90%  dengan kualifikasi sangat baik (SB), kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 97,72% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,58% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 97,71% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 86,43% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 97,71% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,5 dengan kualifikasi cukup (C) lalu meningkat pada siklus II menjadi 91,70 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 047/XI Koto Baru Kota Sungai Penuh.

Published
2022-12-31