Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas V SDN 12 Sungai Lareh Padang

  • Sintia Putri Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi
Keywords: hasil belajar, tematik terpadu, model listening team

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 12 Sungai Lareh Padang. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Listening Team di kelas V SD Negeri 12 Sungai Lareh Padang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 12 Sungai Lareh Padang yang berjumlah 13 orang.

Hasil penelitian yaitu:  1) persentase pengamatan RPP pada siklus I 85% kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 93% kategori sangat baik, (2) aktivitas guru pada siklus I 87% kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 96% kategori sangat baik, (3) aktivitas siswa pada siklus I 87% kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 96% kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 73,31 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,5. Dapat disimpulkan bahwa model Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas SD Negeri 12 Sungai Lareh Padang.

Published
2022-12-31