Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Di Kelas IV UPT SDN 03 Sigintir Kabupaten Solok Selatan

  • Rosi Afrina Universitas Negeri Padang
  • Nelly Astimar
Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik masih rendah akibat pada proses pembelajaran peserta didik belum dilibatkan secara aktif karena pembelajaran masih berpusat kepada guru dan belajar secara berkelompok masih terlihat belum berlangsung dengan maksimal yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam belajar sehingga akan berdampak kepada hasil belajar yang akan diperoleh oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV UPT SDN 03 Sigintir dengan sebanyak dua siklus, dimana ada tiga kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 26 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.

Hasil penelitian ini yang diperoleh yaitu: a) pada aspek RPP pada siklus 1 memperoleh persentase 79,15% dengan kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentasi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik. b) Hasil presentasi pengamatan aspek guru pada siklus 1 memperoleh 80,35% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. c) Hasil presentasi pengamatan aspek peserta didik pada siklus 1 memperoleh 80,35% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. d) pada aspek hasil belajar siklus I memperoleh rata- rata 76, 48 mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata 88. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Student Team

Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

 

Published
2022-12-31