Penerapan Pendekatan DLPS (Double-Loop Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 3 Tanah Jambo Aye

  • Oriza Sativa Universitas Samudra
  • Dini Ramadhani Universitas Samudra
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra
  • Ronald Fransyaigu Universitas Samudra
Keywords: local wisdom, coastal communities, educational value

Abstract

Tujuan utama penelitian tindakan kelas ini yakni demi meningkatkan hasil belajar matematika lewat model pembelajaran Double Loop problem solving pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Tanah Jambo Aye. Jenis penelitian yang diterapkan pada penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini teknik Kelas (PTK). Di penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, tes serta pengumpulan foto dan video. Lalu teknik analisis data untuk tesis berdasarkan penelitian tindakan kelas dan analisis data deskriptif kualitatif dilaksanakan melalui tingkatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta analisis data. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dengan menyusun RPP dan mengoreksi RPP; (2) Proses pembelajaran menurut model pembelajaran Double Loop Problem Solving dilakukan melalui tiga siklus dan tiap-tiap siklus berlangsung dengan tingkatan merencanakan, melaksanakan, pengamatan serta refleksi; (3) Hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pelajaran Double Loop Problem Solving di Siklus pertama sebesar 17,39%, pada Siklus kedua sebesar 73,91%, lalu Siklus ketiga meningkat menjadi 95,65%.

 

Published
2022-12-31