Peran Kelembagaan Perpustakaan Dalam Mendorong Minat Baca Siswa Di SD Negeri 14 Langsa

  • Erfaniati Erfa PGSD, Universitas Samudra
Keywords: MinatBaca, Perpustakaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefenisikan dan mendeskripsikan peran kelembagaan perpustakaan dalam mendorong minat baca dan kendala kelembagaan perpustakaan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menbukkan bahwa (1) peran kelembagaan perpustakaan SD Negeri 14 Langsa sudah cukup baik. Beberapa aspek kelembagaan perpustakaan yaitu Gedung atau ruang perpustakaan baik dan berada ditempat yang strategis, pelayanan dan sarana yang memadai, koleksi bahan perpustakaan yang berupa buku bacaan serta terdapat alat-alat pendukung perpustakaan seperti tempat untuk membaca, lemari rak dan lainnya, memiliki satu pustakawan yang berperan mengelola perpustakaan, pelayanan yang diberikan berupa layanan terbuka dan telah memiliki atau memajang tata tertib perpustakaan. (2) kedala yang dihadapi kelembagaan perpustakaan SD Negeri 14 Langsa yaitu kurang tenaga pustakawan, minimnya koleksi buku dan kurangnya dana biaya operasional untuk perpustakaan. Saran pada penelitian ini adalah bagi pemerintah supaya dapat memberikan dana bantuan agar dapat memenuhi kebutuhan perpustakaan, bagi sekolah agar terus berupaya untuk meningkatkan kinerja perpustakaan, bagi guru supaya memberikan semangat dan motivasi kepada siswa untuk menabah kecintaan terhadap membaca. Kepada pustakawan agar terus meningkatkan kinerja perpustakaan. 

Published
2022-12-31