Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus Gunung Tungga Dharmasraya

  • Firdha Okta Viola Universitas Negeri Padang
  • Atri Waldi
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Pembelajaran Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu yang berbasis teknologi di sekolah. Media pembelajaran yang digunakan guru cenderung media yang konvensional seperti media gambar terbuat dari kertas dan gambar pajangan di ruang kelas, sehingga diperlukan pembaharuan dari media konvensional ke media berbasis teknologi. Salah satunya dapat menggunakan Articulate Storyline 3 yang didesain semanarik mungkin dengan dilengkapi audio, gambar, video, games dan kuis yang bertujuan agar peserta didik termotivasi dan terlibat aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri lembar validasi materi, validasi media, dan validasi bahasa dan lembar praktikalitas angket respon guru dan peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang peserta didik di kelas V SDN 04 Sitiung dan subjek penyebaran media interaktif ini terdiri dari 22 orang peserta didik di kelas V SDN 20 Sitiung. Hasil penelitian pengembangan media interaktif Articulate Storyline 3 yang dikembangkan telah divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 92,6%. Berdasarkan hasil angket respon guru dan peserta didik di SDN 04 Sitiung dapat diketahui bahwa media interaktif sangat praktis dengan hasil persentase kepraktisan 95,83%, dan 93,12%. Selanjutnya hasil angket respon guru dan peserta didik di SDN 20 Sitiung menunjukkan hasil persentase kepraktisan 93,75% dan 94,50% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Published
2022-12-31