Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat

  • Reski Yesma Aulia Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning  (PBL) di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 29 orang peserta didik kelas V SDN 05 Air Tawar Barat dimana terdapat 17 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 88,37% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 80,35% (B), meningkat pada siklus II 92,85% (SB).

Published
2022-12-31