Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 49 Kuranji Kota Padang

  • Harmelinda Sukma Universiyas Negeri Padang
  • Arwin Arwin Universitas Negeri Padang
Keywords: Tematik Terpadu, Model Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 49 Kuranji Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penilitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 32 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Hasil penelititian pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 65%, pada siklus I pertemuan 2 80% dengan jumlah rata-rata siklus I 72,5% dengan kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 92,5% kualifikasi sangat baik. Hasil persentase pengamatan pada aspek guru siklus I pertemuan 1 71,8% dan siklus 1 pertemuan 2 81% dengan jumlah rata-rata siklus I 76,4% kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,7% kualifikasi sangat baik. Hasil persentase pengamatan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 71,8% dan siklus 1 pertemuan 2 81% dengan jumlah rata-rata siklus I 76,4 % kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,7% kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-ratanya 75 mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 92. Dapat disimpulkan bahwa model Dicovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Published
2022-12-31