Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Permainan Edukasi Engklek Di Kelas VI SD Negeri 06 Kampung Pansur Kabupaten Pesisir Selatan

  • Deko Fitri Nanda Universitas Negeri Padang
  • Hamimah
Keywords: Tematik terpadu, Permainan Edukasi Engklek, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran tematik di kelas VI sekolah dasar yang berdampak terhadap hasil belajar siswa diantaranya peserta didik tidak fokus dan tidak peduli terhadap penyajian materi pembelajaran seperti ketika ditanya oleh guru, siswa tidak mampu menjawabnya, sebagian besar siswa merasa tidak betah ditandai dengan seringnya keluar masuk saat pembelajaran berlangsung, tugas- tugas yang seharusnya diserahkan tepat waktu, sering diserahkan  terlambat, hasil belajar yang diharapkan juga belum tercapai kriteria belajar minimum yang sudah ditetapkan di UPT SDN 06 Kampung Pansur, dan persentase ketuntasan kelas ideal yaitu 75% belum tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek dan mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukatif engklek. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 06 Kampung Pansur. Sumber data adalah proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 96,5% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97,7% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 80% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 80% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,4 dengan predikat cukup (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,3 dengan predikat baik (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 06 Kampung Pansur.

Published
2022-12-31