Pengaruh Metode STEAM Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SD Negeri 10 Langsa

  • Mutia Zahratul Indiani Universitas Samudra
  • Alpidsyah Putra Universitas Samudra
  • Muhammad Febri Rafli Universitas Samudra
Keywords: Metode STEAM, Hasil Belajar IPAS Siswa

Abstract

Peneliti melihat permasalahan pelajar dalam pembelajaran IPAS dan menggunakan metode STEAM untuk memengaruhi keberhasilan pelajar pada pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini ialah akan mengetahui pengaruh metode STEAM terhadap hasil belajar IPAS pelajar kelas IV SD Negeri 10 Langsa. Penelitian ini memakai desain penelitian kuantitatif serta memakai desain eksperimen semu serta desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya terdiri dari 226 pelajar SD Negeri 10 Langsa. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Di ruang IV A terdapat sekitar 20 siswa sebagai kelompok experiential learning, sedangkan di kelas IV B terdapat 18 pelajar sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan data memakai instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data memakai uji-t untuk menguji hipotesis. Jika Anda mendapatkan nilai awal 49,5 dan nilai 84 yang ditingkatkan dengan hasil nilai awal atau perlakuan awal setiap kelas percobaan. Namun, pelajar dari kontrol kelas mendapatkan titik awal 43,33, yang menambah 57. 5. Berdasarkan kajian uji t diperolehnya nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berdasarkan kriteria H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat dikesimpulkan ialah metode STEAM berperan terhadap hasil pembelajaran IPAS pelajar kelas IV di SD Negeri 10 Langsa

Published
2024-05-26