Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pembelajaran di kelas. Secara khusus, media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash membantu siswa memahami pesan yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Adobe Flash berdasarkan standar dokumentasi kepabeanan di wilayah saya. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti model pengembangan Borg & Gall. Namun, desain pengembangan Adobe Flash hanya melibatkan lima langkah: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi desain. Penelitian menunjukkan bahwa Adobe Flash sangat cocok digunakan dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan penilaian ahli terhadap kesesuaian Adobe Flash untuk pengujian, dibuktikan dengan verifikasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil verifikasi ahli MRDIA memperoleh skor sebesar 85,5% dengan kategori “sangat baik”, hasil verifikasi ahli materi memperoleh skor sebesar 96,36% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil verifikasi ahli bahasa memperoleh skor sebesar 97,1 Itu masuk dalam kategori “sangat bagus”. Kategori yang layak.