PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMESANAN (Studi Kasus: Si Way Delivery Kota Langsa)

  • Naufal Noor Universitas Samudra
  • Dewiyana Universitas Samudra
  • Yusri Nadya Universitas Samudra

Abstract

Si Way Delivery merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa pesan antar yang berlokasi di Kota Langsa, Provinsi Aceh. Dengan banyaknya pesaing dalam bidang yang sama merupakan alasan bagi Si Way Delivery untuk membuat strategi agar dapat meningkatkan pemesanan. Dimana jumlah pemesanan Si Way Delivery tidak mencapai target yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi Si Way Delivery berdasarkan kondisi terkini internal dan eksternal dengan menggunakan matrik IE serta mengetahui usulan strategi pengembangan yang menjadi prioritas untuk meningkatkan pemesanan dengan menggunakan matrik QSPM. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan matrik IFE, matrik EFE, matrik IE, matrik SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pengolahan matrik IFE didapat nilai sebesar 3,85 dan matrik EFE sebesar 3,78. Hal tersebut menempatkan posisi pada matrik IE dikuadran I yang artinya kondisi Si Way Delivery berada pada tahap pertumbuhan dan membangun (growth and build). Hasil penilaian melalui QSPM adalah strategi yang dijadikan prioritas. Dalam hal ini dipilih 3 strategi teratas yang diprioritaskan yaitu, strategi WO-1 dengan total nilai skor TAS sebesar 5,93, strategi SO-1 dengan total nilai skor TAS sebesar 5,63, dan strategi ST-2 dengan total nilai skor TAS sebesar 5,27.

References

DAFTAR PUSTAKA
Achyar, S. (2019). Strategi Pengembangan Ekowisata Melalui Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus : Hutan Mangrove Kuala Langsa Kota Langsa, Aceh). Fakultas Teknik, UNIVERSITAS SAMUDRA, 29-33.
Akbar, M. S., Kholil, M., & A, R. (2015). Analisa Strategi Pemasaran Terhadap Performance Kerja Dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus : PT. DK) M. Ratih: Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, 1, 1–14. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/ratih/article/view/62/40
Annisa, P. (2020). Studi Kajian Analisis Pemasaran Produk Rumah Ayam Organik Dalam Meningkatkan Penjualan Menggunakan Marketing Mix, SWOT Dan QSPM (Studi Kasus: UMKM Rumah Ayam Organik). Fakultas Sains Dan Teknologi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU
Alif, R. H., Andesta, D., & Dahda, S. S. (2020). Pendekatan Metode Analisis Swot Matriks IFE & EFE Dan Analitycal Hierarchy Process Pada Strategi Pemasaran UKM Bu Muzana. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri). Fakultas Teknik, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
Arfianti, A. 2017). Analisis Swot Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Pt.Trimega Syariah Kantor Cabang Makassar
Aribowo, H., Putra, Y. D., Wijoyo, I., & Manajemen, T. (2017). Perencanan strategi dalam rangka peningkatan daya saing pada profesi konsultan manajemen. 14(2), 204–216.
Aziez, W. J. Z. (2020). Metode Swot Dan Matriks Qspm ( Studi Kasus : Cv . Hernandi ). TUGAS AKHIR. Metode Swot Dan Matriks Qspm.
Hani, M,. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) Pada Ronde Rohmat Purwokerto. 9-11.
Harahap, U. N., Afriyanto, A., Studi, P., Industri, T., Harapan, U., & Pemasaran, S. (2018). Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix ( Qspm ) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Kernel Oil Di Pt . Anugerah Sawit Dio. 2(1), 11–21.
Haryati. (2019). Pendekatan Metode Analisis SWOT Matriks IFE & EFE Dan Analitycal Hierarchy Process Pada Strategi Pemasaran Ukm Bu Muzana. Program Studi Perbankan Syariah, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PAREPARE
Humaidi, M. (2019). Analisis SWOT Dalam Implentasi Promotional Mix Dodol Produksi Ibu Mita Di Desa Kapuh Kandangan. JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. UNIVERSITAS AHMAD YANI BANJARMASIN
Mardiana. (2016). Persepsi Santriwati Tentang Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Madarasah Aliyah Di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Sinjai. Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
Mustika, R. (2019). Analisis Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan Pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.
Mastoani, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
Nggini, Y. H. (2019). Analisis Swot ( Strength, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 141. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1739
Noviannissa, H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Oleh-Oleh Menggunakan Metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Studi Kasus: Bakpiapia Djogdja). Program Studi Teknik Industri, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 97–112. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jps
Pasaribu, H. F. (2018). Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan. Skripsi, 1–91. http://repository.uinsu.ac.id/5198/
Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (n.d.). (2020). Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm ( Quantitative Strategic Planning Matriks ) ( Studi Kasus Restoran Big Burger Malang ) Plan Of Restaurant Development Strategy Using Swot Analysis And Qspm ( Quantitative Strategic Planning Matrix ) Methods. ( CASE. 3(2).
Rabbani, B., Nugroho, P. N., & Berto, M. W,. (2015). Strategi Pengembangan Pemasaran Pada Asosiasi Pengelola Dan Pemberdayaan Sanitasi Indonesia (Appsani). Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Rijal, M. (2018). Analisis Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Ud. Humaerah Motor Kabupaten Bone. (Universitas Muhammadiyah Makassar). 4–15
Rizky, M. I. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan dengan Metode Quantitative Strategy Planning matrix (QSPM). SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI INDUSTRI PADANG
Suci, W. (2019). Pengaruh Peran Suami terhadap Imunisasi Dasar Lengkap Pada Anak Di Desa Kayu Bawang Wilayah Kerja Puskesmas Gambut Tahun 2017. Jurkessia, Vol. IX, No. 2
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Temmy Wijaya & Ana Maghfiroh. (2018). Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Produksi (Studi Pada Tape “Wangi Prima Rasa” Di Binakal Bondowoso). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan, https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit
Utari, S. D., & Widiasih, W. (2020). Penentuan Strategi Pemasaran Paving Dengan Pendekatan Matriks EFE Dan IFE Serta QSPM “ ( Studi Kasus : CV . Alexis Beton ).
Uun Novalia H, Eddy, Agus Afriyanto. Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (Qspm) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Kernel Oil Di Pt. Anugerah Sawit Dio. JURITI PRIMA (Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima), Program Studi Teknik Industri Universitas Harapan Medan.
Widiyarini, W., & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 384. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4186
Published
2022-10-01