ANALISIS KINERJA DAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT PUPUK ISKANDAR MUDA (PIM) ACEH UTARA

  • Ryan Pramanda Universitas Samudra
  • Dewiyana Universitas Samudra
Kata Kunci: Balance Scorecard, Produktivitas, Kinerja

Abstrak

Balanced Scorecard adalah salah satu alternatife pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Data primer diperoleh dari laporan keuangan, data karyawan, data pelanggan, data proses produksi pupuk dan kuesioner dari laporan tahunan PT PIM. Populasinya adalah seluruh pelanggan dan karyawan PT PIM, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 38 responden untuk pelanggan dan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT PIM dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perspektif keuangan mengalami peningkatan untuk mencapai laba optimal adalah skor A. Perspektif konsumen tidak dapat meningkatkan market share yaitu skor C. Perspektif bisnis internal menggunakan rasio layanan purna menunjukkan peningkatan efektivitas, efisiensi dan ketepatan proses transaksi yaitu skor A. Kemudian, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan hal ini mempengaruhi peningkatan tingkat kepuasan karyawan yang menghasilkan kategori baik yaitu skor B

Referensi

[1] Annual Report, 2010, Menciptakan Nilai Tambah Creating Value Added Laporan tahunan 2010, PT Pupuk Iskandar Muda, Aceh.
[2] Antony,Cushin, 2010, Analisis Dan Usulan Standar Kinerja Pt. Putra Tunas Megah Dengan Metode Balanced Scorecard, Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara, Medan.
[3] Anwar, 2010, Studi Implementasi Sistem Berbasis Balanced Scorecard Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Rumah Sakit PMI Aceh Utara, Tesis-TI, USU: Medan.
[4] Kaplan, Robert S dan David P. Norton, 2000, Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Edisi Indonesia, Tim Penterjemah, Erlangga, Jakarta.
[5] Kaplan, Robert S & Norton, David P., 1996, Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Terjemahan Peter R. Yosi Pasla, Yati Sumihati & Wisnu Chandra Kristiaji (Eds.). Erlangga, Jakarta.
[6] Margareth, N., 2005, Analisis Kinerja Perusahaan Menggunakan Konsep Balanced ScorecardStudi kasus di PT. Danesha, Tugas Akhir, Program Sarjana Teknik dan Manajemen Industri, Universitas Pasundan, Bandung.
[7] Mulyadi, 2001, Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipat ganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Salemba Jakarta. (search pdf via google).
[8] S. Sukaria, 2011, Metode Penelitian Edisi 1, Usu: Medan.
[9] Pratiwi Putri, Dhika., (2008), Skripsi-EA Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard Studi Kasus Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Solo, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.
[10] Widjaja Tunggal. Drs, Amin, 2009, Konsep dan Kasus Balanced Scorecard, Harvarindo.
[11] Wijaya, R. Darma., 2009, Skripsi-TI Pengukuran Kinerja Program Raskin Dengan Metode Balanced Scorecard Di Perum Bulog Divre Sumut, USU: Medan.
Diterbitkan
2022-04-01