Pengaruh Kinerja Makro Ekonomi dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan terhadap Investasi Langsung Asing di Indonesia Studi Kasus Perusahaan Tambang Batu Bara Listed BEI 2014-2017

Main Article Content

Putri Rahmatul Isti'anah
Shintia Tri Shintia Tri Utami
Laili Ayu Sa’diyah
Denny Oktavina Radianto

Abstract

Tingkat penanaman modal asing di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat jumlah investasi tahun 2017 sebesar 32.239,80 (dalam juta US$). Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat investasi langsung adalah nilai tukar. Kondisi nilai tukar rupiah yang lebih rendah dari mata uang negara lain, membuat investor asing tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Sektor industri yang mencatatkan namanya dalam kegiatan investasi langsung ini adalah pertambangan batu bara. Kinerja perusahaan tambang batu bara di Indonesia yang selalu meningkat, memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Untuk membuktikan keterkaitan antara nilai tukar, PDB, dan ROA terhadap investasi langsung asing pada perusahaan pertambangan batu bara tercatat di BEI tahun 2014-2017 didapatkan empat hipotesis, yaitu: 1) pengaruh kinerja makro ekonomi (nilai tukar) dengan investasi langsung asing, 2) pengaruh kinerja makro ekonomi (PDB) terhadap investasi langsung asing, 3) pengaruh kinerja keuangan perusahaan (ROA) terhadap investasi langsung asing, serta 4) pengaruh simultan ketiga faktor (nilai tukar, PDB, dan ROA) terhadap investasi langsung asing di Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan metode uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 23.0. Hasil hipotesis membuktikan bahwa nilai tukar berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap investasi langsung asing, disebabkan adanya faktor lain yang lebih mendominasi dalam penentuan penanaman modal asing di Indonesia. Tingkat pertumbuhan PDB juga secara negatif berpengaruh tidak signifikan terhadap investasi asing, karena adanya pengaruh inflasi yang tinggi pada tahun 2013-2014. Sedangkan, persentase ROA memiliki pengaruh positif, namun tidak signifikan, karena ROA dapat dijadikan alat untuk memproyeksikan kinerja internal perusahaan kepada investor. Secara simultan ketiga variabel bebas diatas berpengaruh tidak signifikan, karena dalam proses investasi, investor dipastikan akan selalu mengawasi kinerja makro ekonomi dan keuangan perusahaan. Namun, hal tersebut tidak menjadi pertimbangan utama investor dalam melakukan investasi.

Article Details

How to Cite
Isti’anah, P. R., Shintia Tri Utami, S. T., Sa’diyah, L. A., & Radianto, D. O. (2019). Pengaruh Kinerja Makro Ekonomi dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pertambangan terhadap Investasi Langsung Asing di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 1-11. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i1.1182
Section
Articles

References

Ambarsari, I., & Purnomo, D. (2005). Studi tentang Penanaman Modal Asing di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 26-27.
Ball, D. A., & McCulloch, W. H. (2000). Bisnis Internasional. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.
Febriana, P. (2014). Pengaruh Kebijakan Makroekonomi dan Kualitas Kelembagaan terhadap Foreign Direct Investment di ASEAN-6-Analisis Panel Data. Jurnal Ekonomi Pembangunan Trisakti, 159-175.
Hidayat, A. N., & Isbanah, Y. (2015). Determinant Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisma (Bisnis dan Manajemen), 117-133.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kompas.com. (2015, Januari 2). BPS: Inflasi 2014 Capai 8,36 Persen. Retrieved Januari 10, 2019, from Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2015/01/02/102923526/BPS.Inflasi.2014.Capai.8.36.Persen
Messayu, E. (2013). Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi terhadap Investasi Asing di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.
Muredy, P. A. (2005). Pengaruh Rasio Profitabilitas, Return Saham, Nilai Pasar Investasi, dan Perubahan Nilai Tukar Rupiah terhadap Minat Investor Asing dalam Investasi Saham pada Perusahaan Go Public. DSPACE.
Rejeki, S. S. (2011). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Asset Growth, Firm Size, dan Current Ratio terhadap Divident Payout Ratio: Studi Kasus pada Perusahaan Non Financial yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2009. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Suroto, H. L. (2016, Juni 9). Pengertian Penanaman Modal Asing (PMA). Dipetik Januari 9, 2019, dari Gomarketingstrategic: https://www.gomarketingstrategic.com/pengertian-penanaman-modal-asing-pma/
Tandelilin, E. (2010). Manajemen Investasi Portofolio. Yogyakarta: BPFE.
Undang-Undang No. 25, P. 1. (2007).

Most read articles by the same author(s)