KAJIAN NILAI KEAUSAN AGREGAT PADA MATERIAL QUARRY SUNGAI ALAS SEBAGAI BAHAN LAPISAN PERKERASAN JALAN

KAJIAN NILAI KEAUSAN AGREGAT PADA MATERIAL QUARRY SUNGAI ALAS SEBAGAI BAHAN LAPISAN PERKERASAN JALAN

  • Wirdatun Nafiah Putri Politeknik Negeri Medan
Keywords: Keausan Agregat, Berat Jenis , Material Lokal

Abstract

Kabupaten Aceh Tenggara saat ini banyak melakukan pembangunan dan perbaikan jalan. Untuk mendukung kegiatan tersebut, serta untuk mengangkat potensi daerah, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup sangat memungkinkan untuk dibuatnya quarry disekitar lokasi pekerjaan yaitu di Desa Kuta Baru I di pinggir Sungai Alas. Untuk membuat perkerasan jalan dengan kualitas baik, material dari daerah ini harus memenuhi persyaratan Spesifikasi Bina Marga 2018 Revisi 2 dan Spesifikasi Umum Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Tol 2020. Abrasi (keausan) merupakan salah satu persyaratan dalam kedua spesifikasi tersebut. Jika nilainya memenuhi syarat dengan komposisi yang tepat dan pelaksanaan yang baik maka dapat mendukung tercapainya umur pelayanan yang direncanakan. Pengujian abrasi berhubungan dengan gradasi agregat dan nilai berat jenis. Hasil pengujian menunjukkan berat jenis 2,711 dengan penyerapan air sebesar 0,735% serta nilai keausan sebesar 20,39% pada material agregat yang berasal dari quarry Sungai Alas ini telah memenuhi standar, sehingga dapat digunakan sebagai material perkerasan jalan diantaranya adalah lapis pondasi agregat Kelas A, B, C dan S serta lapis drainase pada perkerasan berbutir dan perkerasan beton semen, lapis permukaan agregat dan lapis pondasi agregat pada perkerasan berbutir jalan tanpa penutup aspal, perkerasan beton semen, agregat penutup burtu dan burda, campuran beraspal panas (AC modifikasi dan SMA), campuran beraspal panas (semua jenis campuran bergradasi lainnya), lapen Macadam dan Asbuton, agregat pada beton dan beton kinerja tinggi serta material lapis pondasi agregat kelas A dan B, lapis drainase, material perkerasan beton semen dan perkerasan beton aspal yang digunakan pada jalan bebas hambatan dan jalan tol.

References

Arifin, S., Kasan, M. & Pradani, N., 2007. Pengaruh Nilai Abrasi Agregat Terhadap Karakteristik Beton Aspal. Jurnal SMARTek, pp. 1-11.
Badan Standardisasi Nasional, 2008. SNI 2417 : 2008 Cara Uji Keausan Agregat Dengan Mesin Abrasi Los Angeles. Jakarta: u.n.
Damayanti, Y., 2015. Hubungan Nilai Abrasi Agregat Kasar Terhadap Kuat Tekan Beton. Proceeding Senarigti UNKHAIR 2015, pp. 65-70.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 2020. Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan Dan Jembatan (Revisi 2), Jakarta: u.n.
Direktorat Jendral Bina Marga, 2020. Spesifikasi Umum Jalan Bebas Hambatan Dan Jalan Tol 2020 DI Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta: u.n.
Sukirman, S., 1999. Perkerasan Lentur Jakan Raya. Bandung: Penerbit Nova.
Wurara, D. N., Kaseke, O. H. & Manoppo, M. R. E., 2018. Kajian Perbedaan Campuran Beraspal Panas Yang Menggunakan Bahan Agregat Dengan Berat Jenis (Spesifik Grafity) Yang Berbeda. Jurnal Sipil Statik Vol.6 No.12 Desember 2018 (1095-1104) ISSN: 2337-6732, Desember, Volym 6, pp. 1095-1104.
Published
2023-04-16
How to Cite
Putri, W. N. (2023). KAJIAN NILAI KEAUSAN AGREGAT PADA MATERIAL QUARRY SUNGAI ALAS SEBAGAI BAHAN LAPISAN PERKERASAN JALAN. Jurnal Media Teknik Sipil Samudra, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.55377/jmtss.v4i1.7444
Section
Articles