A ANALISA PERKIRAAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (Studi Kasus Simpang Remi Kota Langsa)

  • iqbal_uscnd universitas Cut Nyak Dhien
  • Rajib uammar

Abstrak

Kota Langsa mempunyai beberapa simpang bersinyal, salah satu simpang bersinyal yaitu Simpang Remi. Pergerakan kendaraan di simpang ini terutama pada saat jam-jam sibuk tinggi, karena merupakan salah satu akses ke banyak tempat- tempat umum seperti pertokoan, hotel, perkantoran, warung kopi, sekolah, perumahan dan lain- lain. Untuk mendapatkan masalah yang terjadi, perlu diketahui tingkat pelayanan pada simpang Remi khususnya menggunakan simulasi untuk mendapatkan gambaran kondisi simpang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat pelayanan berdasarkan metode simulasi dengan menggunakan perangkat simulasi VISSIM 6.02 pada saat ini. Penggunaan simulasi lalu lintas adalah salah satu pendekatan yang paling banyak digunakan untuk mengukur keakuratan dari sebuah simulasi dengan kondisi nyata pada lalu lintas. VISSIM merupakan software simulasi yang digunakan oleh profesional untuk membuat simulasi dari simulasi lalu lintas yang dinamis sebelum membuat perencanaan dalam bentuk nyata. Metode Penelitian ini menggunakan data sekunder berdasarkan penelitian sebelumnya tentang evaluasi kinerja dan tingkat pelayanan pada simpang Remi kota Langsa, Data sekunder yang diambil lain adalah data diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Langsa. perkiraan volume lalu lintas pada tahun 2022 pada Simpang Remi adalah  untuk Jalan Sudirman Utara adalah 470,8 smp/jam, Jalan Sudirman Selatan adalah 446,9 smp/jam, Jalan Syiah Kuala Timur adalah 144,5 smp/jam dan Jalan Syiah Kuala Barat adalah 323,9 smp/jam. Perkiraan Tingkat Pelayanan pada Simpang Remi pada kondisi tahun 2022 dengan menggunakan perangkat lunak VISSIM adalah 45,96 det/smp dengan LOS yang dihasilkan adalah E.

Referensi

Ahmed, 2005, Calibration of Vissim to The Traffic Condition Of Khobar and Damman, Saudi Arabia, King Fadh University of Potreleum and Mineral, Saudi Arabia.

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Bukhari R.A, Saleh S.M, 2007, Rekayasa Lalu Lintas I, Fakultas Teknik Sipil Unsyiah, Banda Aceh.

Iqbal, Dkk. 2017, Kinerja dan Tingkat Pelayanan Simpang Bersinyal Pada Simpang Remi Kota langsa ), Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Collins, P, 2009, Paramics Microsimulation Modelling-RTA Manual, New South Wales Government. USA.

Geistefeldt, J, 2008, Empirical relationship between stochastic capacities and capacities obtained from the speed-flow diagram. Symposium on the fundamental diagram: 75 years, Monograph 01109339. Woods Hole, Massachusetts, July 8-10, 2008.

Khisty, C.Jotin., & Lall, B.Kent., 2003, “Transportation Engineering”, Third Edition, Pearson Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey, USA.

Myung-Soon Chang, Young-Kol Kim, 2000, Development of capacity estimation method from statistical distribution of Observed Traffic Flow, Proceedings: Fourth International Symposium on Highway Capacity, pp 299-309.

Basrin, dkk. 2021, Rencana Bundaran Dan Kinerja Lalulintas Menggunakan Metode Simulasi (Studi Kasus Simpang Tujuh Ulee Kareng), Jurnal Media Teknik Sipil Universitas Samudra, Langsa.

Wahyuni W, dkk. 2015, Analisis Nilai Pertumbuhan Lalu Lintas dan Perkiraan Volume Lalu Lintas Dimasa Mendatang Berdasarkan Volume Lalu Lintas Harian Rata-rata (Studi Kasus Ruas Jalan Sp. Lago-Sorek /Jalan Lintas Timur), Jurusan Teknik Sipil Universitas Riau, Pekanbaru

Diterbitkan
2022-06-11
Bagian
Articles