Flypaper Effect Pada Dana Alokasi Umum Dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Di Aceh

Flypaper Effect Pada Dana Alokasi Umum Dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Di Aceh

  • Nurlina Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra
  • Ilham Fajar Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh secara signifikan terhadap Belanja Daerah baik secara parsial dan simultan dan (2) untuk mengetahui apakah telah terjadi flypaper effect di Aceh pada tahun 2005-2020. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pemerintah Aceh yang di peroleh dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan perangkat Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Dana Alokasi Umum berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Belanja Daerah di Aceh. Sedangkan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah di Aceh. Secara simultan Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah di Aceh. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terjadi flypaper effect, sesuai dengan syarat bahwa nilai koefisien Dana Alokasi Umum lebih kecil dari pada Pendapatan Asli Daerah di Aceh.

References

Darwanto dan Yustikasari. 2012. “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal”, Simposium Nasional Akuntansi, Juli, Makasar.

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Data Keuangan Daerah. 2005-2019. DJPK. Kemenkeu.

Hidayat, Syarif. 2005. Too Much Too Soon ; Local States Elite’s Perspective on The Puzzle Of Contemporary Indonesian Regional Autonomy Policy, Jakarta: Rajawali Pers.

Hirawan, Susiyati Bambang. 2007. Desentralisasi Fiskal Sebagai Suatu Upaya Meningkatkan Penyediaan Layanan Publik (Bagi Orang Miskin) di Indonesia, Pidato pada Upacara Pengukuhan sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta. 24 Pebruari 2007.

Kuncoro, M. 2010. Ekonomi Pembanguna , Jakarta: Erlangga

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Penthury, M. A. 2011. Flypaper Effects Anomaly Of West Papua Capital Public Expenditure, Economic Journal Of Emerging Markets, Vol. 3 No.3, 289-297

Priyo, Hari Adi. 2009. Fenomena Ilusi Fiskal Dalam Kinerja Anggaran Pemerintah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.6, No.1: 1-19.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tresch, Richard. 2002. “ Finance Public Anormative Theory ”. Department of Economic , Boston College Chestnut Hill, Massachusetts.

Undang- undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Published
2022-10-08
How to Cite
Nurlina, & Ilham Fajar. (2022). Flypaper Effect Pada Dana Alokasi Umum Dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Di Aceh. Jurnal Samudra Ekonomika, 6(2), 112-121. https://doi.org/10.33059/jse.v6i02.5976
Section
Articles