Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau

  • Firmansyah Firmansyah marketing strategy, service and student satisfaction
Keywords: marketing strategy, service and student satisfaction

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of marketing strategies on student satisfaction at STIE Mahaputra Riau, to determine the effect of service on student satisfaction at STIE Mahaputra Riau. The results of this study are that marketing strategies affect student satisfaction at STIE Mahaputra Riau, service influences student satisfaction at STIE Mahaputra Riau, and the coefficient of determination is 92,% which means that student satisfaction can be explained by 92% marketing and service strategies while the rest is influenced by other factor.

References

Amilia, S. dan Novianti, A. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 5, No. 1, hal. 459-468.

Andayani.2015. Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Pauw’s Kopitiam Sungailiat Kabupaten Bangka. Bangka Belitung: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung.

Herlambang, S. 2016. Manajemen Pelaya-nan Kesehatan Rumah Sakit: Cara Mudah Memahami Manajemen Pelayanan di Rumah Sakit dan Organisasi Pelayanan Kesehatan Lainnya.Yogyakarta: Gosyen Publi-shing.

Kuncoro, M. 2009. Metodologi Penelitian Manajemen.Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. 2016.Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Nyoto. 2015. Metodologi Penelitian: Teori dan Aplikasi. Pekanbaru: UR Press.

Safrizal. 2015.Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 4, No. 1, hal. 214-224.

Setiawan, M.D.2013.Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah (Survey pada Nasabah Bank BNI Syariah Cabang Cirebon.Skripsi. Cirebon: Jurusan Muamalat Ekonomi Perbankan Islam (MEPI) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatifdan Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriyanto dan Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi

Wijaya.2011.Manajemen Kualitas Jasa. Cetakan Kesatu.Jakarta: Indeks.

Published
2019-02-06
How to Cite
Firmansyah, F. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.33059/jseb.v10i1.1124
Section
Articles