UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI UOTDOOR LEARNING DI TK PEMBINA KABUPATEN REMBANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kecerdasan interpersonal anak kelompok B di TK Pembina Rembang yang meliputi kemampuan anak dalam bersikap empati, bersikap prososial, keterampilan memecahkan masalah, kesadaran sendiri dan berkomunikasi secara efektif. Berdasarkan latar belakang tersebut terdapat rumusan masalah diantaranya adalah Bagaimana kondisi obyektif kecerdasan interpersonal anak sebelum diterapkan kegiatan outdoor learning di TK Pembina Rembang.Bagaimana penerapan kegiatan outdoor learning di TK Pembina Rembang dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini.Apakah terdapat peningkatan kecerdasan interpersonal setelah diterapkan kegiatan outdoor learning di TK Pembina Rembang. Adapun tujuan penelitian ini secara umum adalah bagaimana peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Pembina Rembang. Sedangkan tujuan khususnya adalah sebagai berikut : (1)Mengetahui kondisi obyektif kecerdasan interpersonal anak sebelum diterapkan kegiatan outdoor learning di TK Pembina Rembang. (2)Mengetahui bagaimana penerapan kegiatan outdoor learning di TK Pembina Rembang dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. (3)Mengetahui apakah terdapat peningkatan kecerdasan interpersonal setelah diterapkan kegiatan outdoor learning di TK Pembina Rembang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Berdasarkan hasil penelitian kecerdasan interpersonal anak usia dini pada kelompok B di TK Pembina Rembang dimana setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat terlihat semakin banyak anak senang menolong teman, anak sering menunjukkan kasih sayang kepada temannya, mampu memecahkan masa dengan baik dan berkomunikasi dengan efektif. Rekomendasi bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini, agar dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal, guru memiliki berbagai kegiatan outdoor learning yang lebih menarik dan sesuai dengan cara belajar Anak Usia Dini sehngga membuat anak menyenangkan dan termotivasi berikutnya.
References
Priyatna, T (2004), Penerapan Multiple Intelegensi Terhadap Proses Pendidikan Anak Melalui Pola Outdoor Learning,(Makalah), Bandung : Pikiran Rakyat.
Rahmani, F I dkk (2003), Multiple Intellegensi, Mengenali dan Merangsang Kecerdasan Anak, Jakarta : Aspirasi Pemuda
Safaria T, (2005), Interpersonal Intellegensi, Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak, Togyakarta : Asmara Book.
Sujiono, B & Sujiono N,Y (2005), Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta :Yayasan Citra Pendidikan Indonesia
Wijarnyoto. J (2012), Multiple Intelegence Anak Cerdas, Banten : PT Happy Holi Kids