Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Taman Kanak-Kanak Melalui ”BALS” (Belajar Alam dan Lingkungan Sekitar)

  • Sri Handayani Universitas Terbuka
  • Sumarno Sumarno Universitas Terbuka UPBBJ Semarang
  • Aini Indriasih Universitas Terbuka UPBBJ Semarang
  • Yuli Haryati Universitas Terbuka UPBBJ Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains anak kelompok B di TK Pembina. Keterampilan proses yang dimaksud meliputi perkembangan kognitif anak, keterampilan memecahkan masalah, memanfaatkan alam dan lingkungan sebagai sumber belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kondisi obyektif keterampilan proses sains anak di kelompok B sebelum menggunakan pembelajaran “BALS”. Bagaimana implementasi pembelajaran “BALS” untuk meningkatkan keterampilan proses sains di kelompok B TK Pembina. Bagaimana keterampilan proses sains anak di kelompok B TK Pembina setelah menggunakan pembelajaran “BALS”. Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui kondisi obyektif keterampilan proses sains anak kelompok B sebelum menggunakan pembelajaran “BALS”; 2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran “BALS” untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak kelompok B; 3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains anak kelompok B setelah menggunakan pembelajaran “BALS”. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan . Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilaksanakan pembelajaran “BALS” melalui percobaan atau eksperimen belum secara maksimal sehingga kemampuan keterampilan proses sain anak belum optimal. Langkah-langkah penerapan pembelajaran “BALS” dalam peningkatan keterampilan proses sains anak melalui beberapa tahapan yaitu guru mengangkat tema / topic bahasan, guru menceriterakan tema tersebut dan guru menggunakan alam dan lingkungan sebagai sumber belajar sehingga memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak. Dengan pembelajaran “BALS” dan pembelajaran dengan keterampilan proses sains anak tertarik, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mampu mengelompokan benda-benda alam, serta mampu menceriterakan lingkungan sekitar yang mereka lihat dan anak senang dengan pembelajaran “BALS” ini dan mampu mengkomunikasikan secara individu.

References

Anang (2012).Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik lntegratif. [online]. Tersedia: http://paud-darma.blogspot.com/2012/06/ pengembangan-anak-usiadini-paud.html [11 Desember 2012. 07.21 Wib]
Dewi.S (2008).Keterampilan Proses Sains.Bandung: Tinta Emas
Dimyati dan Mujiono, (2002).Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. (2004). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Dimyati dan Mujiono, (2002).Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Nugraha, Ali (2008). Pengembangan Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung : Jilsi Foundation Pembelajaran
Nurul (2012) Rangkuman Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Tersedia:http://kunjungisaya 13-blogspot.com/2012/04/rangkumanpengembangan-pembelajaran.html
Rachmawati (2012).Model Pembelajaran Belajar Alam Lingkungan Sekitar (Bals).Bandung.
Susilowati (2011).Model Pelatihan Pendidikan PAUD Berwawasan Lingkungan.[online]. Tersedia: http://www.slideshare.net/susilowatiboediono/karya-tulis model-pelatihan-tutor-paud-unt-jambore-ptk-paudni-2011[11 December 2012. 06.32 Wib]
Syaodih, E. (2003). Bimbingan di Taman Kanak-kanak.Departeman Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Peningkatan Penedidikan Tenaga Kependidikan.
Wargo (2011).Pembelajaran bagi anak usia dini. [online] tersedia: http://consultantacademic-specialist.blogspot.com/2011/04/pembelajaran-bagi-anak-usiadini.htm
Yusuf (2012). Memanfaatkan Alam Sebagai Media Belajar.[online]. Tersedia: http://WWW.yusuf.asia/articles/memanfaatkan-alam-sebagai-media-belajar
Published
2019-10-14