EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR IPS BERBASIS SEJARAH LOKAL MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD KECAMATAN KETOL KABUPATEN ACEH TENGAH

  • Sukirno Sukirno Universitas Samudra
  • Rapita Aprilia Universitas Samudra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan perbaikan produk buku ajar IPS SD berbasis sejarah lokal di Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan pandangan guru sebagai praktisi yang menerapkannya di kelas pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Lingkungan. Selain itu juga untuk melihat efektifitas produk buku ajar melalui hasil belajar peserta didik dengan  persentase klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan data temuan pada penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 22 Ketol, SD Negeri 10 Ketol dan SD Negeri 6 Ketol maka diperoleh masukan perbaikan diantaranya pemahaman terhadap pesan masih belum bermakna bagi peserta didik, beberapa istilah menggunakan kata yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik, materi yang disajikan terlalui meluas dari tujuan pembelajaran, dokumentasi gambar memiliki kualitas HD yang rendah, penyajian materi masih sangat konseptual sehingga tidak sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik, penambahan penekanan ajakan untuk dapat melestarikan peninggalan sejarah juga perlu ditambahkan. Berdasarkan masukan tersebut produk buku ajar diperbaiki. Seiring dengan perbaikan produk buku ajar maka didapatkan hasil efektifitas produk dengan persentase klasikal berturut-turut sebesar 64,70% di SD Negeri 22 Ketol, 86,84%  dan di SD Negeri 89,28%. Berdasarkan hasil belajar tersebut maka pada penerapan kedua dan ketiga produk buku ajar IPS SD berbasis sejarah sudah dinyatakan falid sesuai dengan persentase klasikal.

References

Supriatna Nana. 2008. Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasan Hamid Dkk. 2010. Pembelajaran Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
PP No 19 Tahun 2005 Pasal 17 ayat 1
Yulianto, E. 2002. Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran Fisika. Jakarta: Pelangi Pendidikan
Khusnian. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Balai Pustaka
Belawati. 2004. Pembelajaran Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Impementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Taufiq, Dkk. 2015. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Akbar Sa’adun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remja Rosdakarya
Published
2019-10-14