PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR

  • Suryadi Suryadi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika pada materi bangun ruang melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VI SD Negeri 1 Meurandeh semester I Tahun Pelajaran 2016-2017. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil kajian pendahuluan yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Meurandeh Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa ditemukan hasil ketuntasan belajar minimal siswa kelas VI belum tercapai. Beberapa faktor penyebabnya antara lain adalah kurang efektifnya pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Dari data yang sebelumnya tercatat nilai rata-rata siswa hanya 63,06 dari KKM yang ditetapkan sebesar 65 dengan ketuntasan 58,06%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa penulis menggunakan salah satu cara, yaitu melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I nilai rerata siswa meningkat menjadi 74,19% (23 siswa yang tuntas), dengan nilai rata-rata 72,26. Pada siklus II meningkat menjadi 93,55% (29 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 84,84. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada SD Negeri 1 Meurandeh.

References

Arends. 2001. Cooperatif Learning. Massachusets: Allyn and Bacon.
Arikunto, S. 2002. Produser Penelitian. Bina Cipta, Jakarta.
Djuanda. 2006. Pembelajaran yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Engkoswara. 2004. Dasar-dasar Metodologi Pengajaran, Penerbit PT. Bina Aksara, Jakarta.
Felder. 2009. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional
Hamalik. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Lie, A. 2004.Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo
Nur. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Negeri.
Reuseffendi. 2006. Macam-macam Metode, Jakarta: Bina Aksara.
Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.
Setyaningsih. 2001. Model Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Steve, S. 2005. Matematika Praktis untuk Sekolah Dasar. Bandung; Rekarya Jaya.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta: Prenada Media group.
Wahyuni. 2001. Metodologi Research, Jilid I. Yogayakarta: Fak. Psikologi UGM.
Published
2019-10-13
How to Cite
Suryadi, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 129-139. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1635