PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Nurhayati Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Peureulak Barat semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus, peneliti menggunakan beberapa prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi, observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Hasil belajar siswa dapat dinyatakan berhasil bila hasil belajar telah mencapai KKM sebesar 70. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I nilai rata-rata siswa berjumlah 65,2 dan ketuntasan belajar mencapai 40 %. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 52 dan ketuntasan belajar baru 20%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 82,4 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perdagangan internasional siswa kelas IX semester II SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur.

References

Djamarah, S.B. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Fathoni, A. 2015. Perdagangan Internasional: Pengertian & Manfaatnya. http://www.zonasiswa.com/2015/01/perdagangan-internasionalpengertian. html. Diakses pada tanggal 5 Juni 2017.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan, J.J., dan Moerdjiono. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.
Ismawanto. 2012. Pengertian, Faktor Pendorong dan Manfaat Perdagangan Internasional. http://www.ssbelajar.net/2012/03/perdaganganinternasional. html. Diakses pada tanggal 5 Juni 2017.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lie, A. 2003. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.
Nur, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.
Poerwadarminto. 2004. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Uno, H.B. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Waluyo, I. 2007. Ekonomi Kontekstual. Surakarta: Mediatama.
Published
2020-04-21
How to Cite
Nurhayati, N. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 53-64. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i1.2251