PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYUSUNAN SIKLUS AKUTANSI PADA PERUSAHAAN DAGANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada semester genap bulan Januari sampai dengan bulan Maret tahun 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 32 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes siklus, observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Teknik Analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,1% dan pada siklus II sebesar 100%. Mengalami peningkatan sebesar 21,9%. Aktivitas guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 3,69 dan pada siklus II sebesar 4,82, mengalami peningkatan sebesar 1,13. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I diketahui belum aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa sudah aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTPSdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu Tahun Pelajaran 2019/2020.
References
Anwar, Fuad. 2004. Penerapan Strategi Pembelajaran Model PAKEM Guna meningkatkan Peserta Diklat Mekanik Otomotif Pada Pusat Pengembangan dan Penberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidika – Bidang Mesin dan Teknik industri.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Carolina, R. 2009. Pengaruh Pembelajaran dengan PSI (Personalized System Of Instruction) melalui Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Fisika di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi FKIP Universitas Bengkulu, h. 18-19.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pusta Pelajar.
Iskandar, Harun. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. St Book.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan. Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Rusman. 2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi.
Trianto.2011. ModelPembelajaranInovatifBerorientasiKonstrutifistik.Jakarta:Prestasi Pustaka.
Widarti, Atik. 2007. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segi Empat pada Siswa Kelas VII. Skripsi. UNNES.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press group.