UPAYA GURU MENCERDASKAN PARA SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SAAT PANDEMI COVID 19
Abstract
Situasi pandemi covid 19 yang belum selesai mengakibatkan proses pembelajaran tatap muka juga belum bisa dilaksanakan, sehingga dalam satu setengah tahun proses pembelajaran menggunakan daring (PJJ) hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Artikel ini membahas tentang Upaya Guru Mencerdaskan Siswa SD Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi, karena pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan guna menghindari penularan wabah covid 19. Tujuan artikel ini mengungkap inovasi dan kreativitas guru SD dalam memberikan informasi materi pembelajaran pada siswanya melalui PJJ, dan asumsi kesiapan siswa menerima informasi tersebut melalui PJJ. Para guru dan siswa senantiasa berjuang dan bertahan serta dipaksakan beradaptasi dengan media komputer/HP melalui jaringan internet, walaupun terdapat keterbatasan waktu, biaya, fisik dan psikis. Tumbuh dan berkembangnya siswa seolah-olah dibatasi oleh dinding rumah dan para siswa tidak mengira belajar daring (PJJ) tidak berkesudahan, sementara kerinduan bertemu dan bersendagurau dengan teman-teman di sekolah semakin terasa. Upaya guru pada PJJ mengurangi porsi metode ceramah dan memilih metode dengan memberi tugas serta motivasi siswa untuk lebih tergugah berbicara dan bertanya.
References
Iskandar Agung, 2010, Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru, Jakarta, PT Bestari Buana Murni.
J Mursell, S Nasution, 2012, Mengajar Dengan Sukses, Jakarta, PT Bumi Aksara
Muhammad Ali, 2010, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo
Miftahul Huda, 2015, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Nana Sudjana, 2011, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo
Sardiman, 2011, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada
Syaiful Bahri Djamarah, 2010, Psikologi Belajar, Jakarta, PT Rineka Cipta
Umar Tirtarahardja, S.L.La Sulo, 2005, Pengantar Pendidikan, Jakarta, PT Asdi Mahasatya
W S Winkel, 2012, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta, Media Abadi