EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • nurlela nurlela SMP Negeri 1 Peureulak Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif dengan menggunakan Model ProblemBased Learning pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 26 siswa yang semuanya adalah perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model Problem Based Learning, ternyata hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklus. Penguasaan materi pada kondisi awal masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Dari 26 jumlah siswa hanya 9 siswa (35%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata 61. Dari data hasil penelitian terungkap bahwa pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 68,6, ketuntasan belajar mencapai 73%, pencapaian nilai tersebut menunjukkan peningkatan dari perolehan nilai pada kondisi awal. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 85,3 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-B semester I tahun pelajaran 2021-2022 SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur.

Published
2022-03-27
How to Cite
nurlela, nurlela. (2022). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 9(1), 58-66. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v9i1.5032