PERKEMBANGAN DAYAH RAUDHATUN NAJAH DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA LANGSA TAHUN 2006 - 2017

  • Nurhani Universitas Samudera Langsa
Kata Kunci: Perkembangan, Pendidikan, Dayah

Abstrak

Dayah Raudhatun Najah di Kota Langsa, telah didirikan oleh seorang tuan guru yang berkompeten pada tahun 2006 oleh Tengku H. Ridwan Gapi, S.Ag dengan mempunyai status legalitas Dayah ( Badan Hukum) No.C-52.HT.03.01-Th 1993 dan saat ini memiliki luas tanah 15.200 m2, yang mampu menjadikan Dayah Raudhatun Najah di Kota Langsa, siap bersaing dengan dayah – dayah diluar sana yang lebih berkualitas dan terkenal, selain itu Dayah Raudhatun Najah di Kota Langsa, Juga membawa pengaruh baik bagi masyarakat setempat dan juga generasi mudanya. Dayah Raudhatun Najah juga memiliki banyak keunggulan diantaranya menyelenggarakan pembelajaran kitab – kitab Turats atau kuning di semua jenjang pendidikan dan sistem terpadu, yaitu memadukan diantara pendidikan umum dan pendidikan agama. Saran dalam penulisan ini kepada penulis lain untuk dapat melanjutkan penellitian secara lebih mendalam sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan pada masa yang akan datang terutama agar dapat bermanfaat bagi kita semua.

Referensi

Ahmad Tafsir. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Media
Aminuddin, M. Hasbi. 2009. Menatap Masa Depan di Aceh. Yogyakarta:
Drajat. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Fahrurrazi. 2017. Dinamika Dayah Antara Tradisional dan modern. Jurnal At- Tafkir Vol. X No. 2 Desember 2017
Iskandar. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2017. Sejarah Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan. Jurnal Bidang Kajian Islam Vol. 4 , No. 2 (2018)
Marhamah. 2018. Pendidikan Dayah dan Perkembangannya di Aceh. Jurnal pendidikan Islam V01 (10) No (1)
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualntitatif dan RD. bandung: Alfabetha
Diterbitkan
2021-10-13