PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP K13 MELALUI PELAKSANAAN KEGIATAN LOKAKARYA DI SEKOLAH DASAR

  • Muhammad Yasin Muhammad Yasin SD Negeri Lood Jering
Kata Kunci: Kegiatan Lokakarya, Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP K13

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 melalui implementasi kegiatan Lokakarya di SD Negeri Lood Jering  tahun Pelajaran 2019-2020. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 10 orang guru sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal 85% guru tergolong mampu dan baik dalam aspek penilaian terhadap penyusunan RPP K13, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan guru mengikuti kegiatan Lokakarya dan hasil pelaksanaan kegiatan Lokakarya. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan komptensi guru dalam menyusun RPP secara baik dan benar dari siklus I sebanyak 5 orang guru (50%), kemudian meningkat tajam pada siklus II sebanyak 9 orang guru (90%). Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi kegiatan Lokakarya dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP K13 secara benar di SD Negeri Lood Jering. Dengan demikian dapat disarankan kepada sekolah yang lain bahwa kegiatan kegiatan Lokakarya dapat diaplikasikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP K13.

Diterbitkan
2022-03-27