Pemberdayaan Perempuan melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam meningkatkan Kualitas Kehidupan menuju Keluarga Sejahtera dimasa Pandemi Covid 19

  • Rita Syntia Universitas Samudra

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas kualitas kesejahteraan keluaraga masyarakat selama masa pandemic covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperdayaan perempuan melalui tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera dimasa Pandemi Covid 19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipatif yang melibatkan secara aktif seluruh subjek penelitian untuk menentukan program yang tepat sasaran, berorientasi praktis, memberdayakan dan bersifat berkelanjutan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberdayaan perempuan dan ibu rumah tangga sebagai pelaku usaha kecil di Aceh Tamiang membutuhkan kerja sama dari pemerintah dan mitra Pemerintah yaitu TP PKK berperan sangat signifikan selain swasta maupun masyarakat agar maksimal. Pemberdayaan ini juga fokus pada penanganan kesulitan mereka di masa pandemi Covid-19 dengan transformasi produksi dan pemasaran secara digital serta pendampingan berkelanjutan

Referensi

Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Bisnis, 3(2), 195–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.311.
Asmini, Sutama, I. Ny., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen Business Cycle Sebagai Peluang Usaha Pasca COVID-19 Suatu strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121–129
Hadiwardoyo, W. (2020). Keugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19. Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92.
Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus UMKM Di Wilayah Kota Semarang). Maksimum, Vol. 1(No. 1), 1–15.
Hardilawati, Wan Laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. Vol. 10(1) 89-98.
Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018).Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi DanBisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182
https://aceh.tribunnews.com/2021/08/23/potret-masalah-dalam-pemberdayaan-umkm-di-aceh.
https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147.
Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.
Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. Entrepreneurship Education and Pedagogy. https://doi.org/10.1177/2515127420916738
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278.
Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi ECommerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM 95–107
Permendagri Nomor 36 Tahun2020 PERMENDAGRI No. 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.
Perpres Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga.
Poerwandari, E. Kristi. 2005. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Perfecta. LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta
Samsiana, S., Rahmadya T. H., Anita S. S. G., Irwan R., Fata N. K., Herawati, Maiumunah, dan Benrahman. 2020. Optimasi Penggunaan Android sebagai Peluang Usaha di Masa Pandemik Covid’19. Jurnal Abdimas UBJ. Vol. 3(2) 137-148
Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green packaging, green product, green advertising, persepsi, dan minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158.
Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019).Pengaruh Transaksi Online (e- Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509
Sutinah, Bagong Suyanto, dan Ratna Azis P. 2020. Pemberdayaan Pelaku UMKM Merespon Pergeseran Karakteristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat. Vol. 4(1) 202-207
Tambunan, T. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba.
www.mdn.biz.id. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2021
www.tempo.co.id , edisi 20 Mei 2020. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2021
Diterbitkan
2022-02-01