IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • cut nur aswad aswad SMP Negeri 1 Peureulak Barat
Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Inggris, Materi Teks Khusus berbentuk Label, Model Pembelajaran Example Non Example.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan oleh guru. Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya yaitu: 1). Cara mengajar guru yang   masih menggunakan metode yang bersifat tradisional 2). Pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat pasif dan kurang tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik 3). Pembelajaran Bahasa Inggris terlalu banyak materi 4) Peserta didik jarang membawa kamus. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi Teks Khusus berbentuk Label. Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example ini diharapkan dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik dari pelaksanaan Kondisi Awal, siklus I dan siklus II yaitu sebelum diberi tindakan diperoleh nilai ketuntasan peserta didik dengan taraf keberhasilan 36%. Setelah dilakukan Model Pembelajaran Example Non Example pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 32%, nilai ketuntasan siklus I menjadi 68% dengan jumlah ketuntasan peserta didik 15 dan yang tidak tuntas 7. Kemudian dengan Model Pembelajaran ini dilakukan perbaikan pada siklus II, dan hasilnya menunjukkan peningkatan pada nilai rata-rata kelas 82.7 dengan Persentase 91% sehingga dengan jumlah ketuntasan peserta sepenuhnya tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas IX-1 SMP Negeri 1 Peureulak Barat Tahun Pelajaran 2021-2022.

Diterbitkan
2022-03-27