PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • suharni ernalizar suharni ernalizar SMP Negeri 1 Peureulak Barat
Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Interaksi Sosial dan lembaga Sosial , Model Jigsaw

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial dengan menggunakan Model Jigsaw  pada Peserta didik kelas VII-1 SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model ini, ternyata hasil belajar peserta didik meningkat pada tiap siklus. Penguasaan materi pada kondisi awal masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Dari 25 jumlah peserta didik hanya 9 peserta didik (36%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75 dengan nilai rata-rata 64. Dari data hasil penelitian terungkap bahwa pada siklus I (satu) nilai rata-rata peserta didik  berjumlah 75, ketuntasan belajar mencapai 60%, pencapaian nilai tersebut menunjukkan peningkatan dari perolehan nilai pada kondisi awal. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata peserta didik 91 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Jigsaw dalam pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII-1 semester I tahun pelajaran 2021-2022 SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur.

Diterbitkan
2022-03-27