PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 2 ACEH TAMIANG TAHUN 2020

  • Meldariska yana Mahasiswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan
pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19 serta mendiskripsikan
hambatan pembelajaran sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan cara mengumpulkan datadata sesuai dengan fakta sebenarnya kemudian data tersebut disusun,
diolah, dan dianalisis untuk memberikan gambaran mengenai masalah
yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pemebelajaran
sejarah pada masa pandemi covid-19 di MAN 2 Aceh Tamiang di dasari
oleh pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk
mempermudah mengakses materi pembelajaran. upaya yang dilakukan
yaitu dengan menggunakan google classroom, whatsapp, google from
untuk mempermudah proses pembelajaran, dengan cara mengirimkan
video, gambar, atau tidak membebani peserta didik dengan penugasan
yang banyak dan keunggulan pembelajaran sejarah pada masa pandemi
covid-19 Di MAN 2 Aceh Tamiang yaitu guru dapat membuat perencanaan
pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, memudahkan komunikasi
dalam pembelajaran, dan pembelajaran lebih santai. Serta Hambatan
pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 Di MAN 2 Aceh
Tamiang yaitu siswa mengalami kendala dalam kouta dan sinyal. Saat
proses belajar mengajar peserta didik tidak mendengarkan penjelasan
materi dari guru dan beberapa siswa harus meminjam handphone tetangga.
Disarankan kepada guru untuk mempunyai kompetensi yang baik,
terutama dalam menggunakan metode pembelajaran pada mata pelajaran
sejarah, selain itu, guru sejarah di tuntut agar lebih kreatif dalam proses
pelaksanaan pelajaran sejarah.
Kata kunci : Pembelajaran Sejarah, Covid-19, MAN 2 Aceh Tamiang

Diterbitkan
2022-10-12