IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • iskandar iskandar SMA Negeri 1 Keumala
Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa serta respon siswa terhadap penerapan pendekatan CTL model NHT dalam pembelajaran Fisika di kelas XI-MIPA-1 di SMA Negeri 1 Keumala Tahun Pelajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIPA-1 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian dilakukan 3 siklus dengan tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi tindakan. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisa data menggunakan statistik sederhana untuk menghitung frekwensi, rata-rata dan persentase skor. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pendekatan CTL model NHT dapat meningkatkan hasil belajar Fisika dengan ketuntasan mencapai 85,19% katagori sangat tinggi. Aktifitas guru dalam kegiatan pembelajaran sangat baik dengan persentase mencapai 89,50% katagori baik sekali. Aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat mencapai 90,00% katagori aktif sekali. Respon siswa terhadap penerapan pendekatan CTL model NHT dalam pembelajaran Fisika, 77,78 siswa menyatakan sangat menarik. Disimpulkan penerapan pendekatan CTL model NHT dalam pembelajaran Fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa serta respon siswa. Disarankan guru Fisika dapan menerapkan pendekatan CTL model NHT dalam pembelajaran Fisika di sekolah.

Diterbitkan
2022-10-12