PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada semester ganjil pada bulan Agustus sampai September tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu yaitu sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes siklus dan observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 77,4% dan pada siklus II sebesar 100%, meningkat sebesar sebesar 22,6%. Nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 3,75 berada pada taraf baik dan pada siklus II sebesar 4,7 berada pada kategori sangat baik. Mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 1,01. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,93%, pada siklus sebesar II sebesar 89,29%. Mengalami peningkatan sebesar 30,36% dari siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu Aceh Utara pada tahun pelajaran 2020/2021.
Referensi
Imran. 2010. Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Adiatama.
Mukhlis. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meteri Pokok Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPS Unesa.
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : UNY Press.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ed. 3, cet. 4). Jakarta: Balai Pustaka.