PENGARUH AKTIVITAS KOLASE TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN DI TK PEMBINA KABUPATEN REMBANG

  • Sri Handayani Universitas Terbuka
  • Sumarno Sumarno
  • Yusak Suharno

Abstract

Keterampilan motorik halus pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dan sangat diperlukan dalam berbagai macam aktivitas kehidupan sehari-hari seperti kegiatan kemandirian yang diperlukan dalam kehidupan anak. Aktivitas kolase adalah aktivitas membuat suatu karya yang menyenangkan dengan cara menempel serta mengabungkan aktivitas lain seperti melipat, merobek, menggunting bahan yang digunakan terlebih dahulu. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh aktivitas kolase terhadap keterampilan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini antara lain. (1) untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak kelas A TK sebelum diberi aktivitaskolase (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifiikan aktivitas kolase terhadap keterampilan motorik halus anak kelas A TK. .Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-Group-pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pembina Rembang pada kelompok A yang berjumlah 21 anak. Temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui aktivitas kolase keterampilan motorik halus anak mengalami peningkatan yang lebih baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh uji hipotesis yang menunjukkan data pretes-postes yang signifikan karena memiliki nilai p < 0,05 dengan rata-rata skor 10,38 dan meningkat menjadi 17,28 pada postes. Melalui analisis yang akan dilakukan, harapannya bahwa aktivitas kolase akan berpengaruh positif pada aktivitas guru dalam memilih kegiatan bagi anak untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada  anak khususnya kelenturan jari jemari dengan metode bermain

Published
2018-06-05
How to Cite
Handayani, S., Sumarno, S., & Suharno, Y. (2018). PENGARUH AKTIVITAS KOLASE TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN DI TK PEMBINA KABUPATEN REMBANG. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 38-53. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/622