Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Di SMA

  • Muhammad Daud Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh
  • safriana safriana universitas malikussaleh
  • Putri Maulina Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh
Keywords: Gerak lurus, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran, think pair share, make a match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang diberikan model pembelajaran Think Pair Share dipadu Make A Match dengan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dipadu Make A Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan soal tes  berbentuk isian sembilan butir soal dan angket respon siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,72 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,92. Serta nilai N-Gain siswa kelas eksperimen 0,58 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,15 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Published
2021-06-15
How to Cite
Daud, M., safriana, safriana, & Maulina, P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Di SMA . GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01), 18 - 22. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3260