EPROBAL (E-Book Problem Based Learning) Materi Hukum Ohm sebagai Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Meskipun berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan dasar abad 21, namun kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika khususnya hukum Ohm masih tergolong rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan efektif yang dapat digunakan siswa ketika mempelajari materi hukum Ohm. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan EPROBAL yang valid sehingga berpeluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis terkait hukum Ohm pada siswa SMA. Model desain penelitian pengembangan yang digunakan yaitu DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate) dengan pedoman wawancara dan lembar validasi media sebagai instrumen yang digunakan. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. EPROBAL yang dikembangkan dinyatakan valid, yang ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek materi, aspek bahasa, dan aspek berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan, validitas EPROBAL secara keseluruhan didapatkan 88,4% dan tergolong kriteria sangat valid. Oleh karena itu, EPROBAL dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa selama belajar materi Hukum Ohm.