KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LANGSA MENULIS TEKS BIOGRAFI

  • Rena Dwinita FKIP Universitas Samudra
Keywords: menulis, kemampuan siswa, teks biografi

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Langsa Menulis Teks Biografi”. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 4 Langsa menulis teks biografi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan menulis teks biografi yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 4 Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Langsa yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah keseluruhan 114 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Langsa pada kelas X yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan metode dekskriptif kuantitatif dengan menggunakan sampel secara random sampling atau sampel acak. Hasil penelitian ini, dengan menggunakan keriteria penilaian empat aspek yaitu, (1) pemahaman isi teks, (2) keteptan diksi, (3) ketepatan struktur, (4) ejaan dan tanda baca. Presentase keseluruhan dari 23 siswa adalah 100% dan presentase siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (72,30%) dan yang tidak tuntas dibawah nilai KKN SMA Negeri 4 Langsa sebanyak 6 siswa (27,70%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa SMA Negeri 4 Langsa dalam menulis teks biografi telah mampu atau berhasil mencapai nilai baik (tuntas).

Published
2019-10-24