PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTsN 1 ACEH TAMIANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsN 1 Aceh Tamiang. Metode penelitian ini menggunakan teksnik penelitian pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia, 5 orang siswa kelas VII dan 5 orang siswa kelas VIII yang dilakukan dengan simple purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsN 1 Aceh Tamiang dikategorikan berhasil dan baik dengan persentase perencanaan pembelajaran 70%, pelaksanaan pembelajaran 67,9% dan penilaian pembelajaran 66,7% dan skor ideal 100%. Melalui penenlitian ini diharapkan guru dan pihak sekolah dapat meningkatkan pemahaman mengenai kurikulum 2013 dengan mengikuti seminar, workshop, pelatihan-pelatihan atau mempelajari buku-buku kurikulum 2013.