PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LANGSA

  • Muhammad Taufik Hidayat Universitas Samudra
Keywords: Menulis, Teks Prosedur, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks prosedur dengan metode discovery learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langsa, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedut pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langsa, (3) evaluasi pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru bahasa Indonesia kelas VII.1 dan siswa kelas VII.1 berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam pembelajaran menulis teks prosedur dengan metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data  menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menggunakan metode dengan menggunakan discovery learning yang telah direncanakan oleh guru telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan siswa memperoleh yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya, melainkan menemukannya sendiri, (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sesuai dengan sintak pembelajaran discovery learning. Tahap pelaksanaan pembelajarannya sesuai dengan RPP yang dituliskan oleh guru. Langkah-langkah pembelajaran dari kegiatan awal, inti, dan akhir juga terstruktur. Guru dan siswa telah melaksanakan proses pembelajaran yang baik melalui aktivitas dalam kurikulum 2013 pada menulis teks prosedur dengan metode discovery learning, (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru adalah guru mampu menerapkan konsep discovery learning pada pembelajaran menulis teks prosedur. Kriteria penilaian yang dicantumkan di dalam RPP adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar.

Published
2020-04-02