KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LANGSA MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI YANG TERKANDUNG DALAM HIKAYAT
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Langsa mengidentifikasi nilai – nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat. Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Langsa mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X mengidentifikasi nilai – nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Langsa. Sampel pada penelitian ini adalah 140 siswa dari 229 populasi siswa yang ada di kelas X SMK Negeri 1 Langsa. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah tes dengan bentuk naskah soal pilihan berganda berserta teks hikayat di dalamnya. Penilaian yang peneliti gunakan meliputi 10 aspek, yaitu (1) Aspek menentukan nilai agama, (2) Aspek menentukan nilai sosial, (3) Aspek menentukan nilai budaya, (4) Aspek menentukan nilai moral, (5) Aspek menentukan nilai edukasi, (6) Aspek menentukan tema, (7) Aspek menentukan latar, (8) Aspek menentukan penokohan, (9) Aspek menentukan alur, (10) Aspek menentukan sudut pandang. Nilai rata – rata kemampuan siswa kelas X mengidentifikasi nilai – nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat adalah 67,5 nilai tersebut termasuk ke dalam kategori cukup.