Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pemetik Teh di Pusat Penelitian Teh dan Kina Kabupaten Simalungun

  • ROKI SIMANGUNSONG Universitas Samudra
  • Faoeza Hafiz Saragih
  • Hanisah
Keywords: produktivitas, tenaga kerja, teh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas kerja pemetik teh. Penelitian ini dilakukan di PPTK Kebun Laut Tawar Kabupaten Simalungun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja pemetik teh di Balai Penelitian Teh dan Kina Kabupaten Simalungun digunakan analisis statistik dengan metode uji asumsi klasik, linier berganda, dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan software komputer SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu umur (X1), pengalaman kerja (X2) dan jenis kelamin (D1) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu produktivitas kerja (Y).

Kata kunci: produktivitas, tenaga kerja, teh

References

Damanik, A Desi. (2015). Analaisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Teh (Studi Kasus: PTP IV Bahbutong, kec. Sidamanik, Kab. Simalungun Sumatra Utara).
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Santoso, S. 2001.Buku Latihan SPSS: Statiska Multivariat. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Soekartawi, 2001. Pengantar Agroindustri, Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Published
2023-12-30
How to Cite
SIMANGUNSONG, R., Saragih, F. H., & Hanisah. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pemetik Teh di Pusat Penelitian Teh dan Kina Kabupaten Simalungun. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 10(2), 64-71. https://doi.org/10.33059/jpas.v10i2.7885

Most read articles by the same author(s)