Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Luas Bangun Datar Berbasis Inshot dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang digunakan guru masih berupa media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Inshot pada materi luas bangun datar di kelas IV SD yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu : analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Media pembelajaran yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli media. Sedangkan praktikalitas dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini dilakukan di SDN 16 Padang Kudo dan SDN 13 Bukit Apit Puhun. Hasil dari penelitian ini memperoleh tingkat kevalidan 90% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru memperoleh skor 93,75% dengan kategori praktis,sedangkan angket respon peseta didik memperoleh skor 90,77% dengan kategori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Inshot ini sudah layak digunakan didalam pembelajaran.